Makanan dan Cemilan Khas Selatpanjang Kepulauan Meranti

Sedang berkunjung ke Selatpanjang? Jangan sampai melewatkan deretan makanan dan cemilan khas selatpanjang yang menggugah selera anda!

Selatpanjang adalah salah satu kabupaten kepulauan meranti di Riau yang letaknya cukup strategis.

Selatpanjang ini menjadi salah satu kabupaten penghasil sagu yang ada diindonesia yang dimana kulinernya banyak berolahan dari sagu.

Tentu saja, akan sayang rasanya jika berkunjung ke sana tanpa mencicipi makanan dan cemilan khas selatpanjang. berikut rekomendasi makanan dan cemilan khas Selatpanjang yang anda wajib tahu!

Makanan

  • Mie Sagu
Mie Sagu

Mie Sagu adalah kuliner dan makanan khas Selatpanjang dan dikenal luas di Indonesia bahkan luar negeri. Mie sagu berwarna agak bening, tekstur kenyal, dan ukurannya lebih besar. Penyajian mie sagu ini sudah beragam, tetapi pada umumnya penyajiannya digoreng dengan taburan kucai, tauge, udang, dan ikan teri.

  • Sempolet
Sempolet

Sempolet merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar sagu yang dicampur dengan sayuran dan ikan seperti teri atau udang. Sempolet sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Makanan khas melayu ini menjadi kegemaran beberapa pejabat di Kabupaten Kepulauan Meranti Propinsi Riau. Sempolet sering disuguhkan pada perhelatan pemerintahan di Kabupaten kepulauan Meranti.

  • Lempeng Sagu
Lempeng Sagu

Lempeng Sagu merupakan makanan khas yg diolah menggunakan sagu. Lempeng sagu ini biasanya disajikan pada sarapan oleh masyarakat Meranti. Perpaduan antara rasa sagu bercampur gurihnya kelapa dan manisnya gula membuat lempeng sagu memiliki rasa khas yg tersendiri. Lempeng Sagu enak dimakan dengan Sambal Terung Asam dan Ikan Asin Gembung Bakar.

  • Bubur Sagu
Bubur Sagu

Bubur sagu merupakan bubur yang dibuat dengan meggunakan sagu rendang, yang bentuknya seperti mutiara kecil-kecil. Berikut kami bagikan resep membuat bubur sagu khas Kepulauan Meranti

  • Mie Kuah Udang

Sempolet merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar sagu yang dicampur dengan sayuran dan ikan seperti teri atau udang. Sempolet sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Makanan khas melayu ini menjadi kegemaran beberapa pejabat di Kabupaten Kepulauan Meranti Propinsi Riau. Sempolet sering disuguhkan pada perhelatan pemerintahan di Kabupaten kepulauan Meranti.

    • Ma Chao Hai (Rama-rama) Lada Hitam
    Ma Chao Hai (Rama-rama) Lada Hitam

    Rama rama adalah sejenis lobster lumpur. Masyarakat Selatpanjang menyebutnya sebagai rama-rama. Bentuknya seperti lobster, tetapi ukuran lebih kecil, dagingnya lembut, rasanya seperti daging kepiting, dan bergizi.

    Cara memasaknya dengan dimasak seperti memasak kepiting lada hitam dengan saus tomat, cabe, nanas, dan kacang yang digiling dengan jumlah minyak yang banyak. Rasa rama rama ini unik dengan rasa manis dan pedas dari makanan laut yang tampak aneh. Rama rama lada hitam termasuk makanan lezat dan langka.

    Cemilan

    • Kerupuk sagu
    Kerupuk sagu

    Sagu ternyata juga bisa di jadikan cemilan ringan yang cocok dibawa kemana saja. Kerupuk sagu sudah menjadi cemilan tradisional dari selatpanjang yang lagi buming saat ini dan disukai oleh semua usia, harganya pun relatif murah juga menjadi pusat oleh-olah 

    • Kue Bangkit
    Kue Bangkit

    Kue bangkit merupakan kue khas dikalangan masyarakat Melayu. Kue ini sangat sesuai apabila disajikan dengan teh hangat. Namun, seringkali masyarakat Kepulauan Meranti menyajikannya pada saat lebaran Idul Fitri untuk menjamu para tamu yang berkunjung kerumah.

    • Putu Piring
      Putu Piring

      Putu adalah hidangan yang terbuat dari tepung beras, gua mera,serta ada yang menyajikannya dengan parutan kelapa. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Kue putu tidak hanya berbentuk siinder melainkan ada juga yang berbentuk pipih seperti piring seperti yang dijumpai dikalangan masyarakat Kepulauan Meranti.

      Tinggalkan Komentar

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *